Bila berencana sewa apartemen untuk seorang diri, Anda mungkin perlu memutuskan apakah akan tinggal di apartemen studio atau satu kamar tidur. Kedua tipe apartemen ini sangat populer di kalangan penyewa yang berstatus lajang. Baik apartemen satu kamar tidur atau tipe studio di Kemang Village, keduanya memiliki keuntungan masing-masing.

Berikut ini cara memutuskan apakah apartemen studio atau satu kamar tidur jadi solusi terbaik untuk Anda.

Kenapa memilih apartemen tipe studio?

Orang yang menyewa apartemen studio membayar uang sewa lebih sedikit tiap bulannya, ini  berarti penghematan. Floor plan yang sederhana pada tipe studio membuatnya mudah didekorasi, dan tidak membuthkan banyak furniture untuk membuat Anda merasa berada di rumah. Tipe studio ideal untuk penyewa yang  tidak punya banyak barang  dan menginginkan  apartemen yang simpel.

Kenapa memilih apartemen satu kamar tidur?

Apartemen dengan satu kamar tidur menarik bagi penyewa yang ingin memiliki lebih banyak ruang di apartemen mereka. Memiliki kamar tidur terpisah berarti area ini tidak mudah terlihat atau ketika ada tamu yang akan bermalam, mereka bisa tidur di sofa di ruang lain. Ada juga orang yang lebih suka menghabiskan waktu di ruang berbeda dengan ruang tempat mereka tidur tiap malam untuk mendapat suasana yang berbeda.

Sebagian orang berpikir kalau apartemen dengan satu kamar tidur adalah sebuah “peningkatan” karena harganya lebih mahal. Apartemen tipe satu kamar tidur memang menawarkan manfaat tertentu, tapi ini sebanding dengan uang sewa yang lebih tinggi. Lagi pula, manfaat ini tidak diperoleh oleh semua penyewa.

Ada juga beberapa penyewa yang sebenarnya mampu menyewa apartemen tipe satu kamar tidur tapi memutuskan tinggal di apartemen studio. Bila Anda di situasi ini, cari apartemen studio dengan nilai yang lebih. Misalnya, cari tipe studio yang menawarkan pemandangan indah kota atau dekat dengan taman atau di gedung yang menawarkan lebih banyak fasilitas.

Apartemen studio menjadi pilihan bagi banyak orang dan kadang mendekorasinya jadi hal yang menantang. Tapi tinggal di satu ruangan tidak berarti mengorbangkan style-nya. Berikut tips tentang bagaimana mendekorasi apartemen tipe studio di Kemang Village.

Mendekorasi Apartemen Tipe Studio Di Kemang Village

Sebelum mendekorasi ruang kecil manapun, baik studio atau satu kamar tidur, Anda perlu tahu aturan dalam menata ruang kecil.

Pembagi ruangan

Pembagi ruangan klasik jadi elemen dekoratif yang bagus untuk memisahkan area tidur dan living room. Ada banyak style berbeda, bila tidak menemukan yang cocok dengan Anda, pertimbangkan yang dibuat custom. Dengan begitu Anda juga bisa pilih material yang Anda sukai.

Photo credit: pinimg.com

Murphy Bed

Murphy bed jadi pilihan unik untuk orang yang tinggal di ruang kecil. Tempat tidur ini bisa dilipat ke dinding sehingga tidak terlihat ketika tidak digunakan. Seringkali style-nya kontemporer, tapi versi yang lebih tradisional mulai banyak di pasaran.

Meski jadi pilihan yang bagus, Anda membutuhkan sedikit usaha sebelum naik ke atas kasur di malam hari. Selain menurunkan tempat tidur, Anda juga perlu memindahkan benda-benda lain di bawahnya, seperti coffee table, sebelum dapat menggunakannya.

Rak buku

Rak buku jadi jenis pembagi ruangan lain dengan bonus sebagai penyimpanan. Rak terbuka jadi pembagi ruang yang baik karena Anda bisa mengaksesnya dari kedua sisi. Rak terbuka juga membantu membuat ruang jadi terbuka. Tapi bila Anda memilih rak terbuka dan bagian belakangnya tidak bagus, coba tutup dengan lukisan atau wallpaper.

Day Bed

Photo credit: dorelliving.com

Day bed sangat tepat untuk apartemen studio karena berfungsi ganda sebagai tempat duduk. Bila day bed Anda memiliki bingkai yang menutup bagian belakangnya, Anda bisa menempatkannya rapat di dinding dan mengisinya dengan bantal untuk menciptakan area duduk yang nyaman. Bila tidak ada bagian sandaran dan sisi samping, Anda bisa tempatkan day bed ini di tengah ruangan. Tamu Anda tidak akan tahu kalau itu tempat tidur Anda.

Dinding pendek

Ada banyak cara menciptakan dinding pendek yang bisa membagi area makan, tidur, dan ruang tamu. Yang paling mudah adalah rak buku pendek. Rak buku pendek bisa memperjelas area tamu dan Anda bisa tempatkan benda pajangan di atasnya yang membuat benda ini sangat praktis. Anda akan memiliki headboard bila menempatkan kepala tempat tidur di belakang rak buku.